Wednesday, December 27, 2017

Tutorial Java bagian 11 : Koneksi mysql dengan jython 2

  No comments
Mungkin tutorial koneksi jython dengan mysql ini telah banyak ditunggu tunggu oleh para pengguna java khusus nya bagi yang ingin memulai menggunakan class python pada program java nya, dalam TutBlog telah saya sertakan plug in jython serta zxJDBC (koneksi dari jython ke mysql) nya.

Tidak semua library dari python dapat dijalankan pada jython karena library yang bisa berjalan hanya library berbasis C kalau tidak salah, dan harus di panggil dari java nya. dan semua sudah saya ikut sertakan pada git, jadi tinggal pull saja dan ikuti langkah langkahnya dari awal ya...




Saya anggap sampai pada tutorial ke-11 ini anda semua sudah tau caranya untuk menginport file jar kedalam project java. kalau belum silahkan baca mulai dari Tutorial java bagian 1.

kalau sudah, masuk kedalam folder project java mu, kalau kamu sedah mengikuti tutorial ini dari awal kamu seharusnya sudah punya folder python didalam folder project kamu. masuk kedalam folder python dan buat file dengan cara klik kanan -> new -> rich text format -> rename menjadi mycon.py, file ini yang akan kita fungsikan sebagai file koneksi untuk jython kita.

masukan script berikut pada file mycon.py yang telah kita buat tadi


1. baris pertama kita memanggil lybrary bawaan python (sys = System) yang akan kita gunakan untuk menggabung path direktori tempat python berada.
2. module os berfungsi sebagai pembaca sistem operasi, gara dapat membaca direktory sesuat OS milik anda.
3. digunakan untuk memberitahu jython (java) dimana tepatnya file file python anda berada.
4. memanggil library java (pastikan untuk memanggil class python anda dibawah kode nomor 3 agar python tau dimana tempat file kamu)
6. koneksi ke database mysql kamu. sesuaikan sendiri..

saya juga masih belajar bahasa pemrograman python java dan juga jython, jika saya ada salah mohon untuk dikoreksi.
untuk memanggil koneksi ke file python yang lain, cek terus postingan di blog ini,,
see you sooon...

No comments :

Post a Comment