Monday, September 18, 2017

Tutorial java bagian 8 : memulai jython

  No comments
Mungkin, bagi yang masih awam dan ingin belajar jython akan kesulitan bagaimana cara memulai pemrograman java dengan python atau yang biasa disebut dengan jython. bagi yang belum tau jython, silahkan baca article saya tentang jython pada Tutorial java bagian 7 ya, disana sudah saya jelaskan beberapa.

Pada tutorial java bagian 8 ini, saya akan mulai masuk pada python ya, untuk lebih baham nya dan untuk cepat mengikuti tutorial, silahkan download source code program ini pada github ya, dan jangan lupa klik like.

yang akan saya praktekan ini, cara interaksi java dengan file .py atau file python. saya belum tau gimana sebutnya, tapi saya akan sebut ini sebagai attached pyton, karena nanti ada juga yang namanya embedded python, kalau saya salah sebut, mohon untuk di koreksi.

langkah pertama, jika sudah download jython, silahkan buat folder dalam folder project kalian dengan nama lib, jika belum paham silahkan download repository saya di github, link ada di atas. dan copy kan file .jar tadi kedalam folder lib yang telah kalian buat.


masuk ke netbean, klik kanan pada libraries -> add jar/folder. kemudian cari project kalian dan masuk kedalam folder lib tadi dan pilih jython.xxx.jar yang telah kalian download dan klik ok.


import code diatas untuk import jython.

gunakan kode diatas untuk eksekusi file python dari java.

diatas adalah script yang akan kalian masukan pada folder python, dengan nama file process.py

isi kolom bagian kiri, klik proses dan klik action untuk menjalankan file python kalian.
untuk lebih jelasnya, silahkan download projectnya.
jika terjadi kesulitan, comment down bellow..
thanks...

No comments :

Post a Comment