Tuesday, August 1, 2017

Tutorial java bagian 2 : variable type string

  No comments
Mari kita lanjutkan tutorial kita yang kemarin, kalau kita kemarin hanya pada frontend (antarmuka) maka hari ini kita akan sedikit masuk ke dalam, jangan terlalu dalam ntar tenggelam .. haha, sedikit sedikit saja asal terlaksana (bahasa jawa nya alon alon seng penting kelakon)



hari ini, saya akan memperkenalkan variable String, dalam java kita harus deklarasi (pengenalan) variable beserta dengan type nya.



contoh :

String a = "Ahmad";

int b = 1;




String yang akan saya bahas ini adalah type text, seperti postingan saya ini juga bertipe string, type string itu kalau menurut definisi saya (mohon koreksi) adalah sebuah type data yang tidak dapat dimasukan pada operasi matematika.



type string ini bisa di pecah (split) atau di gabung (join), jadi kita bisa mengolah type string ini dengan beberapa pengolahan string yang telah disediakan oleh java. dan type data juga bisa di rubah jika memungkinkan.



Saya rasa pembahasan String untuk pemula saya akhiri dulu, jangan berenang tertalu dalam jika belum bisa berenang.hehe

silahkan simak pembahasan berikut :



1.Tambah tombol dan textfield seperti gambar di bawah, untuk penamaan nya sama seperti kemarin ya, kalau lupa silahkan dilihat kembali.





2. klik kanan pada tombol yang telah dibuat, dan pilih mouseclicked. lihat gambar dibawah





3. Pada source akan muncul private void baru dengan nama button kamu diikuti kata mouseclicked. seperti gambar dibawah





untuk scriptnya, silahkan isi dengan script dibawah ini







4. klik shift + F6 untuk run, dan akan muncul window seperti ini







* nama variable tergantuk pada kalian yang menamai, jadi bisa berbeda dengan punya saya.

see you next post!!


No comments :

Post a Comment