Wednesday, August 2, 2017

Tutarial Java bagian 4 : ActionListener

  No comments
cara menambahkan actionlistener pada tombol java swing sebenarnya mudah, simak ulasan saya di bawah.

ActionListener adalah sebuah fungsi pada java yang digunakan untuk menangkap aksi apa yang akan anda lakukan pada object yang bersangkutan,
menindaklanjuti dari tutorial yang kemarin, sampai pada Integer, kita akan mulai memasuki pada tahap tombol, yakni actionlistener.
Saya berencana untuk melanjutkan tutorial ini sampai pada Jython. nah jika menggunakan Jython anda harus tahu dulu actionlistener, karena dari pengalaman saya script jython hanya bisa dijalankan dengan actionlistener, tetapi harap digarisbawahi ini hanya pada aksi, kalau pada fungsi, jython juga masih bisa jalan tanpa hambatan.

actionlistener ini bisa dipasangkan pada object object swing, tetapi saya akan ulas pada tombol saja, yang lain silahkan dicoba sendiri, dan apabila ada kesulitan, silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah.

1. Saya menambahkan tombol pada project saya, yang saya namai btnAct, tombol ini bisa anda tempatkan dimana saja, suka suka anda.

2. menuju source, dan inputkan kode dibawah ini didalam block publick dft_teman(){} seperti gambar dibawah nya.




dibawah ini adalah fungsi yang sama denga echo pada PHP, tetapi munculnya pda output java.
System.out.println(isi);

3. coba untuk run, dan akan muncul pada output java seperti gambar dibawah.




nah, itu penjelasan singkat tentang actionlistener java,
semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment