Thursday, April 28, 2016

GIT untuk pemula!! Part 1

  No comments
Lama gak posting nih, karena bingung apa yang mau di post. kali ini saya akan coba untuk post lagi dengan bahasa yang InsyaAllah mudah dipahami manusia.. hahah, becanda.
kali ini yang akan saya share adalah git untuk pemula seperti saya, saya juga pemula. jadi kalo ada salah mohon koreksinya. atau bahasa gaul nya CMIIW (correct me if i am wrong)!!
kita mulai...
apa sih git itu??
Git adalah perangkat lunak pengontrol versi atau proyek manajemen kodeperangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds, yang pada awalnya ditujukan untuk pengembangan kernel Linux. -wikipedia
 atau mungkin akan mudah di pahami jika seperti ini, program yang di gunakan untuk mengatur versi dari sebuah aplikasi yang di bangun... jadi kita bisa menandai ini ketika ini di edit, edit karena apa? tanggal berapa? alasan nya apa? versi berapa gitu. jadi kalau terjadi kesemakin error an data atau script yang kita buat, kita bisa kembalikan ke versi yang sebelum nya.

nah, keistimewaan lain dari GIT ini adalah bisa di gunakan untuk kerja kelompok. jadi jangan ada fikiran lagi untuk gantian komputer atau copy-copy an script lagi. karena dengan git, script akan terpusat.

contoh, anggap saja saya A, dan anda B.
ketika A dan B ada project buat aplikasi berbasis PHP, maka cara yang formal di lakukan adalah
1. gantian komputer/laptop,
2. copy script secara tradisional
tinggalkan dua cara di atas dan mulai berfikir modern.
apa yang akan A dan B lakukan di jaman modern?

1. download dan buat akun dropbox
2. download GIT
3. buat folder pada c:/xampp/htdocs (buat yang belum punya xampp) projectku
4. buka aplikasi git bash anda dan ketikan perintah
cd c:/xampp/htdocs/projectku
5. kalau sudah masukan perintah
git init
6. sampai tahap ini, folder project anda sudah dikenali dengan nama git repository, yang akan menyimpan segala perubahan yang anda lakuka pada script anda.

sampai disini dulu pengenalan GIT nya ya!! admin sudah ngantuk berat.. selamat malam dan sampai jumpa!!!
 

No comments :

Post a Comment