Monday, December 4, 2017

Tutorial delphi 7 dengan lazarus : Pengenalan

  No comments
Postingan kali ini akan membahas tentang bahasa pemrograman delphi 7 dengan IDE lazarus. apa itu delphi 7 dan apa itu lazarus? sebenarnya teman teman bisa melihat apa itu delphi dan apa itu lazarus pada wikipedia, tetapi disini aja lanjutin baca, saya sediakan kok, hahaha

Delphi 7

Delphi adalah sebuah Lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk mengembangkan aplikasi konsol, desktop, web, ataupun perangkat mobile. Produk ini pada awalnya dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero, divisi tersebut sebelumnya adalah milik Borland. Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk platform Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk berbagai platform seperti Mac OS X, iOS, Android (lihat di bawah).
wikipedia
Lazarus



Lazarus is a Delphi compatible cross-platform IDE for Rapid Application Development. It has variety of components ready for use and a graphical form designer to easily create complex graphical user interfaces. 
Lazarus adalah IDE untuk bahasa pemrograman delphi yang cross-platform dengan pengembangan aplikasi yang cepat. Lazarus memiliki varietas komponen yang siap digunakan dan design form grafis untuk membuat GUI yang kompleks. Lazarus

kenapa saya memilih lazarus untuk mengembangkan delphi 7, kok bukan IDE nya delphi 7 sendiri karena Lazarus bersifat open source jadi tidak butuh crack crack dan sebagainya, so sangat mudah dan tidak ribet..
dan lagi, pas kita mendesign, lazarus punya semacan penanda bahwa komponen yang kita tata sudah sejajar atau belum dengan komponen lainya.

untuk untuk penampakan lazarus pada Laptop windows 10, 32 bit saya sebagai berikut.



 untuk mulai menyekrip nya, pertemuan selanjutnya ya.
untuk PR, silahkan download lazarusnya dilink bawah ini..
LAZARUS

No comments :

Post a Comment