Thursday, February 16, 2017

memulai programming php

  No comments
saya akan sedikit menjelaskan tentang apa apa saja yang dibutuhkan untuk memulai pemrograman dengan php. php sendiri simple nya adalah bahasa proses yang script nya tidak bisa dilihat tetapi bisa dirasa (seperti filosofi angin, wkwkwk). maksudnya seperti ini, saat aplikasi web kita yang menggunakan php kita jalankan, php akan diterjemahkan oleh sistem, jadi php nya sendiri itu tidak tampil, tetapi yang ditampilkan adalah hasil terjemahan nya itu tadi.
berbeda dengan html, javascript dan css, mereka masih bisa dilihat jika kita tekan ctrl + u pada web yang kita mau lihat script nya.

apa apa yang dibutuhkan salah satunya adalah server, lebih tepatnya local server untuk menjalankan program kita secara local di laptop atau pc kita.
server ini ada bermacam macam, tetapi yang paling umum digunakan adalah  Xampp.

selanjutnya adalah browser, saya rasa pasti sudah tidak asing dengan yang nama nya browser. beberapa browser yang terkenal adalah mozila firefox, chrome dan opera.

yang ketiga adalah text editor, anda bisa menggunakan notepad++, netbean atau yang berbayar seperti adobe dreamweaver.

garis besarnya, itu yang perlu anda siapkan, untuk lebih lengkap nya akan saya jalaskan lebih lanjut pada posting berikutnya. thanks

No comments :

Post a Comment